Sekilas Amnesti Pajak


Amnesti pajak adalah penghapusan pajak yang seharusnya terutang, sanksi admininistrasi dan sanksi pidana pajak dengan cara mengungkap harta dan membayar uang tebusan. Pajak yang dihapus adalah PPh dan PPN. Waktu pajak yang dihapus adalah dari tahun 2015 kebawah.

Sarana mengungkap harta dengan cara menyampaikan Surat Pernyataan Harta (SPH). Besarnya uang tebusan adalah tarif dikali dengan harta bersih. Harta bersih adalah selisih dari harta tambahan dengan utang sehubungan dengan harta tambahan tersebut.

Nilai harta tambahan jika dalam bentuk kas dalam nominal, jika selain kas dalam nilai wajar sesuai perhitungan Wajib Pajak. .

Utang adalah yang berkaitan langsung dengan harta tambahan dan keberadaannya dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Utang yang dapt menjadi pengurang harta tambahan paling banyak 75% dari harta tambahan untuk WP badan dan 50% untuk WP orang pribadi.

harta dan utang dalam mata uang asing amak dikonversi ke Rupiah berdasar kurs menteri keuangan pada akhir tahun 2015.

Wajib Pajak membayar uang terbusan dengan e-biling. KJP 411129 dan KJS 512

Tarif Amnesti pajak tergantung dengan saat penyampaian SPT, deklarasi atau repatriasi dan UMKM atau bukan. Jika deklarasi dalam negeri dan repatriasi maka tarifnya adalah 2% sampai dengan akhir September 2016, 3% sampai dengan akhir tahun 2016, dan 5% sampai dengan 31 Maret 2016. Jika deklrasi luar negeri, tarifnya double yaitu 4%, 6% dan 10%. UMKM tarifnya 0,5%.

UMKM adalah peredaran usahanya HANYA dari kegiatan usaha  maksimal Rp4,8 M dan nilai hartanya maksimal Rp10M dan tidak memiliki penghasilan dari pekerjaan dalam hubungan kerja dan pekerjaan bebas. Dengan demikian jika pengusaha UMKM yang bekerja atau mempunyai pekerjaan bebas seperti dokter, akuntan, pengacara maka tidak berhak untuk mendapat tarif 0,5%. UMKM juga akan dikenakan tarif 2% jika nilai hartanya diatas Rp10M

 

 


One response to “Sekilas Amnesti Pajak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: