Anak di panggung


Sebagian tersenyum bebas, sebagian lainnya tanpa ekspresi. Ada juga raut wajah penuh rasa tertekan. Anak didepan terlihat gelisah dan ingin loncat. Anak di belakangnya menangis keras. Anak ditengah penuh rasa takut akan kemarahan orang tua. Mereka telah dilatih menari dan bernyanyi tapi jangan ditanya suka apa tidak suka anak akan semua itu.

Para orang tua didepan anak tiba-tiba menjadi wartawan TV. Kamera, tablet, dan gadget lainnya yang memiliki feature camera berterbangan diatas kepala. Ketika anak mereka tampil di pangung, mereka bergerak ke depan panggung seperti wartawan yang meliput acara pengumuman pemerintah ketika akan menaikkan BBM. Semua wajah orang tua tersenyum bangga.

Panggung, apapun bentuknya merupakan sebuah representasi keberhasilan yang layak didokumentasikan. ini bukan masalah kegembiraan semata. Ini juga akan menjadi sebuah kenangan anak di masa yang akan datang. Perkara apakah anak akan senang atau tidak tidak perlu dipermasalahkan yang penting orang tua bahagia.

Kita paham semua anak suka bermain. Sangat menyenangkan tentunya jika ruang bermain itu bisa dipanggungkan. Kilatan lampu kamera dan tepuk tangan membuaikan dan terkadang membuat dada membusung. Media telah mengajarkan bahwa kesuksesan itu  identik dengan popularitas. Kehebatan seorang penyelam di dalam dasar lautan merupakan kesia-siaan dan hoax jika tidak ada bukti kamera.

Panggung anak seperti sebuah potret harapan orang tua. Wajah penuh senyum, raut muka dengan rona kebanggaan dan sedikit kesombongan para orang tua ketika anak tampil. Tapi ada juga kekecewaan dan sedikit geraman ketika anak tampil kurang sesuai harapan.

Anak adalah pribadi unik yang akan mengisi keanekaragaman dunia. Ia berhak menjadi yang terbaik di bidangnya.  Panggung anak ini menjadi salah satu jalan bagi anak untuk menggapai asa. Kita juga tidak boleh menutup jalan lain dimana tidak ada kilat kamera, tepuk tangan dan pemberitaan namun anak menyenanginya dan membuka pintu kebahagiaan dirinya dan sesamanya…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: