wakil wajib pajak, kuasa, dan penanggung pajak


Perusahaan berbentuk badan hukum seperti individu yang mempunyai hak dan kewajiban. Jika anak yang belum dewasa diwakili orang tua atau walinya. Lalu siapa yang mewakili perusahaan?. Apakah harus direktur utamanya?. Untuk menghindari adanya ketidakpastian. UU KUP memberikan penegasan dalam pasal 32.

Dalam pasal 32 KUP dijelaskan bahwa pengurus adalah orang yang nyata-nyata mempunyai wewenang ikut menentukan kebijakan dan/atau mengambil keputusan, contohnya berwenang menandatangani kontrak dengan pihak ketiga, menandatangani cek, dan sabagainya walaupun namanya tidak tercantum dalam susunan pengurus yang tertera dalam akte pendirian maupun akta perubahan.

Jika anda menjadi wakil wajib pajak, maka perlu diketahui bahwa wakil wajib pajak bertanggung jawab secara pribadi dan/atau secara renteng atas pembayaran pajak yang terutang, kecuali apabila dapat membuktikan dan meyakinkan Dirjen Pajak bahwa mereka dalam kedudukannya tidak mungkin dibebani tanggung jawab atas pembayaran pajak tersebut.

Selain istilah pengurus dan wakil Wajib Pajak, ada juga istilah kuasa wajib pajak. Jika pengurus sibuk atau tidak menguasai perpajakan maka ia dapat menunjuk kuasa Wajib Pajak. Jadi kuasa Wajib Pajak adalah pihak yang diberi kuasa oleh Wajib Pajak untuk mengurus hak dan kewajiban Wajib Pajak. Karena untuk dapat memikul tanggung jawab dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan itu memerlukan keahlian di bidang pajak maka ada regulasi tentang kuasa Wajib Pajak.

Regulasi kuasa Wajib Pajak diatur dalam 22/PMK.03/2008 tentang Persyaratan Serta Pelaksanaan Hak dan Kewajiban Seorang Kuasa. Dalam pasal 2 disebutkan persyaratan seorang kuasa yaitu memiliki NPWP, telah menyampaikan SPT Tahunan terakhir, menguasai peraturan pajak, memiliki surat kuasa khusus dari Wajib Pajak.

Kuasa Wajib Pajak bisa dibagi menjadi konsultan pajak dan bukan konsultan pajak. Konsultan pajak harus dibuktikan dengan kepemilikan Surat Izin Praktik Konsultan Pajak, sedangkan bukan konsultan pajak harus memiliki sertifikat brevet atau ijazah pendidikan formal di bidang perpajakan yang diterbitkan PTN atas PTS dengan terakreditasi A, sekurang-kurangnya Diploma III.

Seorang yang bukan konsultan pajak termasuk karyawan hanya dapat menerima kuasa dari WP OP yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas atau menjalankan usaha dengan peredaran usaha bruto tidak lebih dari Rp 1,8 M dan WP badan dengan peredaran bruto tidak lebih dari 2,4 M.

Dalam SE-16/PJ/2008 disebutkan bahwa Wajib Pajak dapat meminta karyawannya untuk menyampaikan dokumen dan/atau menerima dokumen perpajakan yang diperlukan dalam dalam pelaksanaan hak dan kewajiban perpajakan tanpa surat penunjukan kepada karyawan yang bersangkutan, selain penyerahan dokumen yang dapat disampaikan melalui TPT.

Dokumen perpajakan seperti faktur pajak dan/atau SSP dapat ditandatangani oleh Wajib Pajak tanpa memerlukan surat kuasa khusus dan penyerahan dokumen yang berdasarkan ketentuan peraturan perpajakan dapat disampaikan melalui TPT tidak memerlukan surat kuasa khusus.

Terakhir, penanggung pajak. Dalam pasal 3 UU Penagihan Pajak dengan Surat Paksa, disebutkan bahwa Penanggung Pajak adalah orang pribadi atau badan yang bertanggung jawab atas pembayaran pajak termasuk wakil yang menjalankan hak dan memenuhi kewajiban pajak menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Istialah Penanggung Pajak lebih banyak dibahas di UU PPSP dan aturan pelaksanannya. Dalam PP 135 Tahun 2000 pasal 3 ayat 3 disebutkan bahwa Terhadap penanggung pajak Badan, Penyitaan dapat dilaksanakan atas barang milik perusahaan, pengurus, kepala perwakilan, kepala cabang, penanggung jawab, pemilik modal, baik di tempat kedudulan yang bersangkutan, di tempat tunggal mereka maupun tempat lain.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: