SPT MASA PPN 2013


SPT Masa PPN kembali disempurnakan. Sesuai PER-11/PJ/11/2013 tanggal 12 April 2013, SPT Masa baru ini berlaku mulai masa Juni 2013. Dengan Demikian bulan pelaporannya, mulai Juli 2013. Aturan baru ini mewajibkan seluruh PKP untuk melaporkan PPN dalam bentuk data elektronik, kecuali PKP Orang Pribadi dengan jumlah faktur tidak lebih dari 25 faktur. Tidak dijelaskan apakah hanya PK atau PM saja, atau dua-duanya. Juga PKP Orang Pribadi dengan jumlah penyerahan kurang dari Rp 400 juta dalam 1 masa pajak.

PER-11/PJ/11/2013 ini pada dasarnya mengatur tentang Perubahan PER-44/PJ/2013 tentang Bentuk, Isi, dan Tata Cara Pengisian Serta Penyampaian SPT Masa PPN. Dengan demikian e-SPT yang baru pastinya akan mengikuti peraturan ini. Hampir tidak ada perubahan yang signifikan pada formulir SPT PPN baru ini. Formulir masih terdiri dari form induk, AB (rekapitulasi penyerahan dan perolehan), A1 (daftar ekspor), A2 (daftar PK atas penyerahan DN dengan FP), B1 (daftar PM yang dapat dikreditkan atas impor), B2 (daftar PM yang dapat dikreditkan atas perolehan BKP/JKP DN, dan B3 (Daftar PM yang tidak dapat dikreditkan atau yang mendapat fasilitas.

Hal lain yang baru pada PER ini adalah cara penggantian atau pembatalan faktur pajak. Aturan ini mengikuti aturan faktur pajak baru sebagaimana diatur dalam PER-24/PJ/2011.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: