reformasi peraturan pajak (3)


“Setelah pendelegasian wewenang, hal lain yang sepertinya remeh temeh, adalah mulai berlakunya suatu aturan. Sebaiknya, saat dimulainya peraturan seragam. Kalau bisa awal tahun yaitu 1 Januari, kalau mendesak, awal semester atau 1 Juli”

“Itu mah bukan reformasi atuh Neng, reformasi harus yang substansial dan prinsip”

“Loh, sekarang gw tanya, kenapa PTKP berlakunya mulai awal tahun pajak”

“Ya, susah menghitungnya kalau di tengah tahun, PTKP kan, secara umum menghitungnya per tahun”

“Nah itu dia, kebijakan lain juga begitu, menghitungnya menjadi sulit kalau mulai berlakunya bukan awal tahun”

“PTKP kan angka, kalau kebijakan kan bukan angka”

“Yang bisa dihitung itu bukan hanya angka, kan ada istilah analisis kualitatif”

“Tapi kayaknya ga keren banget, kalau reformasi peraturan mengenai mulai berlakunya suatu aturan”

“Loh, mau keren-keren an apa mau substansial apa tidak, sekarang gw tanya lagi, kapan mulai berlakunya peraturan batasan pengusaha kena pajak, WP patuh, WP risiko rendah?”

“?????, hmmmm”

“Nah, bingung-bingung luh, coba kalau PTKP, pasti tahu kan awal tahun coy, meski tahunnya kita lupa”

“Ya udah, gw nyerah dah, tapi keukeuh peraturan mengenai mulai berlakunya suatu aturan ga keren”

“Ya, nih baca UU PPh pasal 7 ayat (2).  Penerapan ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditentukan oleh keadaan pada awal tahun pajak atau awal bagian tahun pajak”

“Lalu, kenapa ada kata awal bagian tahun pajak?”

“Kalau ini, gw kaga ngerti. Tapi praktiknya, penerapan PTKP selalu awal tahun pajak. Tidak pertengahan tahun”

“Ah, terserah elu dah”

“Yee…”

“Eh, nanti dulu, UU PPh pasal 7 ayat 2 itu tentang keadaan Wajib Pajak, bukan saat mulai berlakunya PTKP, sok tahu luh”

“Oke deh, tapi dari beberapa kali perubahan PTKP, baik oleh UU maupun oleh keputusan atau peraturan menteri keuangan, kapan mulai berlakunya PTKP”, awal tahun kan?”
“Coba gw cek dulu ya, UU Nomor 7 tahun 1983 mulai berlaku 1 Januari 1984 , UU tahun 10 tahun 1994 mulai berlaku tanggal 1 Januari 1995, UU no. 17 tahun 2000 mulai berlaku tanggal 1 Januari 2001, UU no. 36 tahun 2008 mulai berlaku tanggal 1 Januari 2009, tuh kan awal tahun semua”

“Kalau peraturan menteri keuangan tentang PTKP, KMK no. 564/KMK.2004 mulai berlaku sejak tahun 2005 , 137/PMK.03/2005 mulai berlaku tanggal 1 Januari 2006”

“Informasi lu kurang lengkap”

“Cari aja sendiri, gw yakin semua PTKP mulai berlakunya awal tahun”

“Euhhh”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: