aku belum bisa menulis – 5


Judul berhasil kutulis dilayar monitor. Naif sekali, mampu membuat judul disebut sebagai keberhasilan. Kini saatnya menulis isinya. Tapi tunggu dulu, aku masih penasaran perbedaan judul, tema dan topik. Browsing lagi ahh…n ketemu ini, http://olivya-permata.blogspot.com/2010/04/topik-tema-dan-judul.html?m=1. Kubaca sekilas, oh, ternyata tema dan topik itu umum, belum menggambarkan sudut pandang penulis, tema juga masih umum tapi sudah ada amanat utama yang disampaikan penulis. Judul itu spesifik. Terlalu teoritis.

Yang lainnya juga ada, ini linknya http://eziekim.wordpress.com/2010/11/03/topik-tema-dan-judul/. Topik dan tema bisa menjadi judul. Topik masih umum, sedangkan tema sudah lebih spesifik dan sudah terarah. Saya membaca sekilas. Sangat rinci, namun terlalu teoritis, kurang asyik membacanya.

Sekarang, kita lihat, link lainnya. http://gladysdizz.blogspot.com/2010/04/perbedaan-topiktema-dan-judul.html?m=1. Tulisannya enak. Topik itu berasal dari Yunani, asalnya topoi. Wah baru nih, yang artinya landasan penulisan. Bahkan ada yang bilang bahwa topik itu syarat terbentuknya percakapan. Betul juga, mana ada 2 orang berbicara dengan topik yang berbeda kecuali dengan si bolot.

Tema adalah amanat penulis yang disampaikan lewat tulisan. Tema juga merupakan pokok bahasan tulisan. Tapi sudahlah ga usah berpanjang ria membahas tema. Hal-hal teori sering membosankan.

Judul. Ah, anda pasti sudah tahu. Ia ada di buku, nama buku, nama bab, ia sering nongol di atas atau paling depan. Tapi mari kita lihat teorinya. Judul itu lukisan singkat suatu tulisan atau miniatur isi bahasan. Ini kan teori. Anda bisa membuat tulisan dengan judul sesuka anda. Tulisan, tulisan gue. Judul, judul gue, kenapa elu ribut.

Ah, sudahlah, membahas persamaan dan perbedaan topik, tema da judul itu sebaiknya dibahas di kampus. Ga usah dibahas disini. Kita nulis nulis aja dah. Masalahnya tulisanku ga jadi-jadi nih. “Perjalanan bersama hujan pagi”.

Judul aja masih ragu. Hmm, benar juga kata teori, kita harus menentukan topik dulu. Jadi topiknya tentang para biker yang berangkat bekerja dengan motor ketika hujan di pagi hari. Temanya?. Ah, sudahlah jangan tanya itu. Aku ga ngerti. Langsung ke judul saja. Coba aku ubah jadi “biker in morning rainy atau biker in rainy morning” ha ha ha keren kan?. Kalau ketahuan orang yang pintar bahasa inggris, gw pasti diketawain dengan judul ngawur ini. Loh, terserah gue dong, tulian aing kumaha aing.


Leave a Reply

