PKP Resiko Rendah


PKP resiko rendah diatur dengan 71/PMK.03/2010 dan PER-31/PJ/2010. Intinya, untuk bisa mendapatkan kategori ini, PKP harus mempunyai SK Kepala KPP sebagai penetapan PKP beresiko rendah. Dan untuk mendapat SK tersebut, PKP harus mengajukan permohonan penetapan PKP beresiko rendah. Ini bisa disebut syarat formal.

Syarat materilnya, kita bisa melihatnya dari jenis badan usaha dan jenis kegiatan PKP. Yang memenuhi syarat, perusahaan go public, BUMN/D dan produsen. Untuk produsen tidak diatur jenis badan usahanya. Namun produsen tersebut harus memenuhi syarat berikut. Pertama, nilai BKP yang dijual pada tahun sebelumnya, minimal 75% produksi sendiri, kedua, SPT PPN tepat waktu 12 bulan terakhir. Ketiga, laporan keuangan untuk 2 tahun sebelumnya diaudit akuntan publik dengan pendapat WTP atau WDP.

PKP dengan status resiko rendah akan mendapat fasilitas ketika mengajukan tax refund, dimana PPN nya diproses dalam waktu paling lama 3 bulan (tanpa fasilitas 12 bulan) dan diproses dengan penelitian (tanpa fasilitas dengan pemeriksaan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: