no comment


“Saya tidak punya kapasitas untuk berpendapat atas masalah ini”, “hal ini merupakan urusan internal dan saya tidak akan membicarakannya di publik”, atau bisa lebih singkat, “no comment”. Kalimat ini sering diungkapkan orang dengan kesadaran bahwa pendapat yang keliru bisa menjadi polemik yang tidak produktif. Bahkan pendapat yang benar pun terkadang akan menjadi kurang tepat karena diungkapkan oleh orang yang salah. Tidak hanya itu, pendapat yang benar oleh orang yang benar bisa menjadi blunder jika tidak berada pada moment yang tepat. Meskipun di sisi la

Beberapa aturan mengharuskan agar seseorang tidak berbicara atau berpendapat atas hal-hal yang dikuatirkan menimbulkan conflict of interest. Hal-hal tabu atau yang bisa menjadi aib seseorang sebaiknya tidak dipublikasikan.

Dimanapun dan apapun itu, mempunyai aturan dan etika yang ditujukan untuk kebaikan dan ketertiban orang banyak. Tentu saja semua aturan itu bukan untuk menghambat kreatifitas dalam berkarya. Termasuk juga dalam menulis.

No body perfect. Anda mungkin ragu menuliskan sesuatu karena dihinggapi perasaan kuatir. Kuatir orang tersinggung, takut keliru berpendapat, ngeri jika berimbas ke masalah hukum. Rasa takut yang wajar namun akan sia-sia jika tidak melihat sisi positif lainnya.

So, mengapa tidak menulis hal-hal yang tidak bersinggungan dengan orang lain. Menulis tentang betapa indahnya bunga yang tumbuh di pinggir jalan. Menulis betapa senangnya ketika menemukan kembali barang yang hilang. Menulis kesedihan ketika anda ditinggal kucing kesayangan. menulis kekesalan ketika kunci mobil anda ketinggalan di laci meja kantor di lantai 20 ketika lift tidak berfungsi karena listrik mati. Tentu banyak hal lainnya yang bisa ditulis dan tidak berhubungan dengan orang yang mungkin sensitif.

Jadi menulislah dari sekarang.🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: