menjual di celah sempit


Sebagian orang akan menuduhnya mengganggu ketertiban, mengurangi kenyamanan. Pokoknya tidak baik. sebagian orang kesal dengan ketidaktertibannya, namun terkadang cacing di perut berhasil memaksa untuk membeli makanan dari penjual makanan ini. Adapula yang salut dengan kegigihannya untuk survive dengan menjual makanan di celah yang tak terfikirkan.

Mbak ini menjual bihun, bakwan, martabak (lebih tepatnya lumpia), lontong, kopi, rokok. Dan makan yang cocok untuk orang yang kelaparan ketika pulang kerja. Tangannya bergerak lincah mengambil makanan, menggunting bakwan, lumpia diatas tumpukan bihun dan mengguyurnya dengan sambal kacang.

Ketika selesai makan, anda bisa memesan kopi instant. Ya, sekarang semua serba instant. Anda tidak perlu pusing memikirkan berapa komposisi ideal kopi dan gula. Ingin rasa lebih. Kopi sachet juga ada yang sudah ada creamer dan mocha, bahkan campur susu, jahe juga ada.

Penjual makanan ini mangkal di kerumunan orang banyak di stasiun Tanah Abang, dimana untuk bernapas pun terkadang sulit. Sebuah tiang penyangga besar bangunan stasiun memberi sebuah kesempatan untuk dibuat celah untuk berjualan. Tiang besar ini memberi perlindungan dari dorongan kerumunan.

Kesempatan berjualan bagi si mbak penjual makanan ini meskipun terlihat mengganggu merupakan sebuah picture kecil dari gambaran kehidupan Jakarta. Jakarta dengan luas terbatas namun jumlah penduduk banyak membuat sebuah kreatifitas, kenekatan dan kesempatan untuk tetap survive bahkan beranjak maju.

Manusia terkadang harus didorong oleh sebuah rasa yang tidak berada pada comport zone sehingga memaksa insting dan akal bekerja melebihi realita yang sebenarnya. ….Halah, aku ini nulis opoi tho ya….🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: