pelaksanaan UU PPN


PP No. 1 tahun 2002 tanggal 3 Januari 2012 yang mulai berlaku pada tanggal diundangkan merupakan peraturan pelaksanaan UU PPN. PP ini mencabut PP pelaksanaan UU PPN sebelumnya yaitu PP No. 143/2000 dan PP Nom 144/2000.

Saya membaca sekilas PP ini. Berikut ini beberapa hal yang cukup menarik.
1. Pembeli BKP/JKP bertanggung jawab atas pembayaran PPN. Kewajiban pemungutan dan penyetoran PPN pada umumnya kewajiban penjual. Dengan PP ini, maka pembeli juga bertanggung jawab kecuali PPN dapat ditagih kepada penjual atau pembeli dapat menunjukan telah membayar pajak kepada pembeli. Sebelumnya tanggung jawab secara renteng ini bisa dilihat dengan adanya koreksi PM atas PPN yang belum dibayar oleh penjualnya.

2. Pada pasal 6 disebutkan bahwa PPN dikenakan atas penyerahan JKP di dalam daerah pabean yang dilakukan oleh pengusaha yang dimanfaatkan di dalam atau diluar pabean. Untuk memahami ketentuan ini kita harus memahami destination principle dan origin principle. Harus digarisbawahi bahwa ketentuan ini hanya untuk JKP, tidak termasuk BKP. Bisa dikatakan bahwa penyerahan JKP ini tidak sesuai destination principle karena umumnya PPN ini dikenakan atas sesuatu yang dikonsumi di dalam negeri. Penyerahan JKP yang dimanfaatkan di luar negeri tetap dikenakan PPN jika penyerahannya dilakukan didalam daerah pabean (origin principle). Hal ini sesuai dengan pasal 4 ayat 1 UU PPN.

3. Saat terutang PPN. Ini diatur dalam pasal 17. Saat terutang terutang pada PP ini menjadi lebih terang benderang seperti penyerahan untuk aktiva yang menurut tujuan semula tidak diperdagangkan diterangkan lebih detail.

4. Faktur pajak yang diterbitkan oleh PKP setelah melewati jangka waktu 3 bulan sejak saat faktur pajak harus dibuat tidak diperlakukan sebagai faktur pajak. Akibatnya bagi pembeli tidak dapat dikreditkan. Saat pembuatan faktur pajak dijelaskan dan diberikan contoh sehingga lebih mudah untuk dipahami.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: