odong-odong, the era of mobility


“Kereta odong-odong”, begitu, saya mendengar seorang penumpang menyebut kereta ekonomi dan kereta diesel jurusan Rangkasbitung. Saya tidak mengerti mengapa kereta tersebut dikatakan kereta odong-odong. Sebelumnya saya hanya tahu odong-odong itu mainan anak-anak yang dijajakan dengan pembayaran Rp 500 sampai Rp 1.000 per satu lagu..

Apa sebenarnya arti odong-odong, saya tidak mengetahuinya. Namun kalau googling, sepertinya odong-odong merupakan mainan yang diperuntukan untuk anak-anak berusia 1 sampai 3 tahun dimana penjual jasa meletakan main tersebut diatas sepeda atau becak sehingga bisa mobile.

Seiring perjalanan waktu, kata odong-odong mengalami perluasan makna. Sayangnya mengalami degradasi makna sehingga menjadi sesuatu yang kurang baik, semacam bad stuff lah. Kalo yang jelek, orang mengatakannya odong-odong.

Satu hal yang luar biasa mengenai odong-odong adalah kemampuan membawa mainan untuk anak-anak berupa kincir (kalo di Dupan, Ancol, disebut halilintar), kuda-kudaan atau komedi putar secara mobile, delivery to your door, menghibur anak-anak.

Anda mungkin risih dengan kehadirannya, mungkin kesal karena anak-anak menjadi nangis karena ingin naik odng-odong sementara anda tidak ada waktu atau malu untuk mendampingi. Anyway, faktanya, odong-odong ada karena pastinya karena ada demand.

Ketika berbicara mobile, umumnya kita akan membicarakan hal-hal berbau IT seperti HP dan internet. Odong-odong ternyata mampu mobile tanpa mengandalkan kecanggihan IT.

Perlahan, namun pasti semua komoditas akan ada di depan pintu, di monitor komputer, di HP anda,bahkan langsung ke tangan anda seperti pedagang asongan bis kota yang menyimpan barang dagangan di tangan anada.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: