besar, khusus dan madya


PER-49/PJ/2011 yang dikeluarkan tanggal 30 Desember 2011 dan mulai berlaku 30 Desember 2011 sedikit banyak bisa menjawab pertanyaan kenapa WP masuk KPP madya, atau kenapa masuk LTO. PER ini mengatur tempat pendaftaran dan pelaporan WP besar (LTO), khusus dan madya.

Kanwil LTO mambawahi KPP LTO 1, 2 dan BUMN serta HWI. Kanwil khusus membawahi KPP PMB, PMA 1 – 6, Badora 1 dan 2. Sedangkan KPP madya dibawah kanwil selain kanwil LTO dan khusus.

WP PMA ditetapkan oleh kep. Dirjen Berdasarkan klasifikasi lapangan usaha, namun sesuai pasal 3 ayat 1, jika ada WP PMA baru, maka harus mendaftarkan diri di tempat kedudukan WP.

WP LTO, PMB, Madya dan Badora 2 juga ditetapkan dalam kep. Dirjen Pajak. WP tersebut merupakan WP terbesar yang penentuannya berdasarkan rata-rata realisasi penerimaan pajak (bobot 80%) dan peredaran usaha (bobot 20%) yang tercantum dalam SPT Tahunan PPh badan selama 3 tahun terakhir dan/atau pertimbangan Dirjen Pajak.

Evaluasi dilakukan oleh DJP untuk menentukan WP LTO, madya, PMB, PMA, dan badora 2, dimana untuk LTO, PMA dan Badora 2 dilakukan 3 tahun, PMB dan madya 1 tahun. Hasil evaluasi ini diterbitkan paling lama akhir bulan September dan mulai berlaku 1 Januari tahun berikutnya.

Kewajiban pajak bagi WP Kanwil LTO dan khusus meliputi jenis pajak PPh badan atau OP dan PPN, sedangkan untuk Madya, hanya PPh badan saja, PPN sesuai aturan yang berlaku, artinya bisa dipusatkan bisa tidak.

Kepala KPP pada kanwil LTO dan Khusus menerbitkan keputusan pemusatan PPN paling lama 1 bulan sejak: 30 Desember 2011 untuk KPP BUMN dan Badora 1; SMT untuk KPP LTO, HWI, PMA, dan Badora 2; sejak tanggal surat pengukuhan bagi WP yang baru terdaftar pada KPP BUMN dan badora 1, 12 bulan bagi WP yang terdaftar di KPP BUMN yang sampai dengan tanggal 30 Desember 2011 belum dilakukan penetapan pemusatan tempat PPN terutang.

SK Pemusatan PPN tetap berlaku dan tidak perlu diterbitkan SK baru bagi WP yang tetap terdaftar di KPP yang sama namun jika setelah berlakunya PER-49/PJ/2009 ini WP LTO, HWI, PMB, PMA, Badora, madya menjadi WP Pratama atau madya, maka pemusatan hanya berlaku sampai dengan 31 Desember 2012 dan jika diperpanjang harus menyampaikan pemberitahuan.

Untuk withholding tax, kewajiban pajaknya sesuai KPP lokasi kecuali jika domisilinya di DKI jakarta maka tetap terdaftar di KPP BUMN, LTO, HWI, PMB badora, PMA atau madya. Dan jika terdaftar di wilayah selain DKI jakarta tetapi berada di kota/kabupaten/beberapa kabupate dimana terdapat KPP madya nya maka KPP lokasinya adalah KPP madya dimana WP lokasi tersebut berada (untuk jelasnya, lihat pasal 5 ayat 1 huruf c). Untuk pajak tidak langsung lainnya juga ada di KPP tersebut.


2 responses to “besar, khusus dan madya

  • adidi

    terimakasih informasinya. jadi bila perusahaan PMA berlokasi di Tangerang yang tadinya memilih utk melaksanakan pelaporan ke KPP madya (PPN & PPh Badan) dan KPP Pratama ( witholding tax ), dan Maret ini menerima surat dari KPP Madya Tangerang yg memberitahukan bahwa kewajiban pajak pindah ke KPP PMA 6, artinya : untuk PPN & PPh Bdn lapor ke PMA 6, utk PPh 21,23,4(2) lapor ke KPP Pratama lokasi ? Bisakah kami mengajukan untuk pelaporan PPN & PPh Badan tetap di KPP Madya? Bagaimana caranya? Rgrds//

  • udin

    Kewajiban pajak bagi WP Kanwil LTO dan khusus meliputi jenis pajak PPh badan atau OP dan PPN, sedangkan untuk Madya, hanya PPh badan saja, PPN sesuai aturan yang berlaku, artinya bisa dipusatkan bisa tidak. >> Maksudnya gimana nih? Apakah memakai NPWP Madya atau NPWP Cabang (lokal) karena kantor kami dipindahkan ke Madya dan ditetapkan kembali sebagai PKP melalui Madya. Apakah faktur pajak harus diterbitkan dengan NPWP Madya (pusat-000) atau npwp Pratama (cabang-001) padahal kantor kami hanya 1 saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: