Faktur Pajak Penyerahan LPG 3 Kg


PER-40/PJ/2011 yang mulai berlaku 27 Desember 2011 memberikan kepastian hukum dalam pemungutan dan penyetoran PPN atas BBM tertentu &/ LPG 3 kg (selanjutnya disebut BBM tertentu).

Penyerahan BBM tertentu yang diatur dalam PER ini hanya untuk badan usaha yang mendapat penugasan dari pemerintah untuk distribusi BBM tertentu.

Umumnya, faktur pajak dibuat 2, satu untuk penjual dan satu lagi untuk pembeli. Khusus untuk badan usaha yang ditugasi mendistribusikan BBM tertentu dibuat 4 lembar yaitu untuk Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), badan usaha, KPP melalui KPPN dan KPPN. Faktur pajak ini dibuat pada saat menyampaikan permintaan pembayaran subsidi kepada KPA.

Selain membuat Faktur Pajak, badan usaha juga membauat SSP sesuai jumlah subsidi hasil verifikasi, namun SSP ini dilakukan oleh KPPN atas nama badan usaha.

Kode transaksi pada faktur pajak adalah 02 (penyerahan kepada Pemungut PPN bendahara pemerintah). Yang unik, pada kolom pembeli diisi nama dan alamat Dirjen Anggaran, dan NPWP pembeli tidak diisi.

Pada SSP, kode akun pajak ditulis 411211 (PPN Dalam Negeri), kode jenis setoran diisi 900 (dipungut PPN)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: