materialitas faktur pajak


Saya belum tahu, apa ungkapan yang pas tentang faktur pajak yang memang sudah dibayar pajaknya. Pada istilah faktur pajak tidak ada ungkapan formal dan material yang ada faktur pajak lengkap dan tidak lengkap, inipun sebenarnya penyederhanaan istilah dari faktur pajak yang memenuhi syarat pasal 13 ayat 5 UU PPN.

Dulu, sebelum berlakunya UU no. 42 tahun 2009 ada istilah faktur pajak standar dan sederhana. Sekarang istilah ini tidak ada, yang ada istilah faktur pajak lengkap dan tidak lengkap. Sebenarnya hampir sama, faktur pajak lengkap menggantikan faktur pajak standar, faktur pajak tidak lengkap menggantikan faktur pajak sederhana, tentu dengan beberapa perberdaan.

Ada juga istilah faktur pajak lain seperti faktur pajak fiktif. Tentang faktur pajak fiktif ada yang disebut terindikasi fiktif dan ada yang memang benar-benar fiktif. Dikatakan benar-benar fiktif karena sudah ada putusan yang mempunyai kekuatan hukum yang tetap dan final.

Tapi sudahlah, terlalu melebar, saya hanya ingin menulis putusan pengadilan pajak nomor Put.10059/PP/M.X/16/2007. Putusan ini merupakan putusan dari sengketa antara fiskus dan WP. Menurut fiskus, faktur pajak (FP) cacat karena ada tidak lengkap diisi atau ditipp ex sehingga tidak dapat dikreditkan.

Pendapat majlis hakim ternyata lain, majlis lebih melihat hal yang material seperti pajak yang telah dibayar dan melihat bahwa tidak adanya pencoretan pada uraian jumlah harga jual/penggantian/uang muka/uang muka/termin tidak mengakibatkan faktur pajak menjadi cacat dan tidak dapat dikreditkan.


2 responses to “materialitas faktur pajak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: