bahasa global


Penumpang didepan saya membaca buku, judulnya, saya ga tahu, tapi pada footernya tertulis chapter IV: Intangible Property, jelas buku ini dalam bahasa inggris. Penumpang disamping saya, seorang bapak yang mulai berumur memegang smartphone, tangannya terkadang memencet keypad mencari lagu yang disukainya, dalam playlist music nya berbahasa inggris semua seperti talk to me, dan judul lainnya yang tentu saja tidak mungkin saya ingat karena saya tidak bermaksud mengintip atau curious. Hanya kebetulan belaka.

Malam lalu, saya mengajari anak saya, Retha yang duduk di kelas 3 SD, bahasa inggris.
“Aiv got tu tidi….”.
“Bukan tidi ayah tapi taidi”…potong Retha.
“Oh… Aiv got tu taidi de pensil….”.
“Bukan pensil ayah….tapi pense’l”…
Huh…kembali lagi nih anak memotong pembicaraan ayahnya. Maksud hati mau ngajarin anak, eh malah diajarin pronounciation oleh anak.

Anak saya yang kedua, berumur 2 tahun lebih, terkadang nyanyinya he so da…he so da, maksudnya sih head shoulder …. Head shoulder….. Knees And toes…Knees And toes…

Mungkin, inilah yang dinamakan globalisasi. Istilah yang sudah usang tetapi mulai merasuk dan mendekat dalam kehidupan. Jika dulu, istilah ini ada di awang-awang, sekarang ada persis di depan mata kita. Salah satu bahasa global tersebut, suka tidak suka, bahasa inggris.

Sebagian orang, khawatir, jangan-jangan bahasa dan budaya daerah bisa menggerus bahasa dan budaya lokal. Lihatlah, pemainan anak-anak zaman dulu, upacara leluhur dan budaya lokal mulai menghilang diambang kepunahan. Sebagian, berfikir sebaliknya dan berpendapat bahwa budaya global akan memperkaya budaya nusantara.

Kita hidup dalam dunia yang semakin terbuka.


Leave a Reply

