Pengertian Wajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha Tertentu (WP OPPT).


Tulisan ini repost (sorry) dari blog terdahulu dan sedikit diedit. direpost karena ada pertanyaan dari seorang teman yang mengispiring untuk kembeli mebaca aturan ini.

a. Penjelasan UU PPh Pasal 25 ayat 7 huruf c: WP OP yang mempunyai tempat usaha lebih dari satu atau mempunyai tempat usaha yang berbeda alamat dengan domisili, besarnya angsuran pajaknya perlu diatur agar besarnya angsuran mendekati keadaan yang sebenarnya.

Kata atau dibold dan diitalic untuk menekankan bahwa WP OPPT bisa:

1. WP OP yang mempunyai tempat usaha lebih dari satu

2. WP OP yang mempunyai tempat usaha yang berbeda alamat dengan domisili

b. 255/PMK.03/2008 : WP OP yang melakukan kegiatan usaha di bidang perdagangan yang mempunyai tempat usaha lebih dari satu, atau mempunyai tempat usaha yang berbeda dengan domisili. PMK ini telah diubah dengan 208/PMK.03/2009

c. 208/PMK.03/2009: WP OP yang melakukan kegiatan usaha sebagai pedagang pengecer yang mempunyai 1 atau lebih tempat usaha

Pada PMK ini, pengertian usaha dipersempit menjadi pedagang eceran

d. PER – 32/PJ/2010: WP OP yang melakukan kegiatan usaha sebagai Pedagang Pengecer yang mempunyai 1 atau lebih tempat usaha. Pengertian Pedagang Pengecer adalah melakukan penjualan barang baik secara grosir maupun eceran dan/atau penyerahan jasa, melalui suatu tempat usaha. 

Pada PER-32 ini, pengertian pedagang eceran diperluas lagi, bahwa pengertian pedagang eceran ini bukanlah retail semata, tetapi juga grosir. bahkan bukan hanya barang, tetapi juga jasa. Nah…binun kan

e. SE – 77/PJ/2010: WP OP yang melakukan kegiatan usaha sebagai pedagang pegecer yang mempunyai 1 atau lebih tempat usaha. Pengertian pedagang pengecer adalah  yang melakukan penjualan barang baik secara grosir maupun eceran dan/atau penyerahan jasa melalui suatu tempat usaha.

Dalam peraturan tersebut tidak diberikan contoh penyerahan jasa, apakah  pemilik salon, rental kendaraan, warnet, praktek dokter, kantor akuntan, kantor pengacara dan notaris termasuk dalam pengertian penyerahan jasa.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: