Menulis


aya pernah membaca tulisan dan/atau mendengar ungkapan seperti ini:

  1. Jika kita ingin belajar menulis maka menulislah. Tidak perlu kita memikirkan apakah bisa menulis atau tidak, jika kita ingin menulis maka menulislah.
  2. Tulislah apa yang kita fikirkan, tidak perlu memikirkan apa yang kita fikirkan, tidak perlu memikirkan bagaimana cara menuangkan fikiran kita kedalam tulisan. Memikirkan hal tersebut malah akan mempersulit kita dalam menulis.
  3. Tulislah apa yang kita ketahui, tidak perlu memaksakan diri menuliskan apa yang tidak diketahui, tidak perlu sok tahu, apa adanya saja.
  4. Menulis adalah output dari input membaca, mengamati, melihat dan sebagainya. Semakin banyak kita membaca dan mendengar atau mengamati maka semakin besar potensi kita untuk menulis.
  5. Dalam metodologi penelitian, kita sering dihadapkan pada beberapa langkah yang begitu prosedural. Demikian juga dalam menulis, sebenarnya ada beberapa langkah agar tulisan kita bagus, tetapi fikiran kita dibatasi dengan hal ini maka besar kemungkinan tulisan kita bisa tidak kelar-kelar. Perlu diingat pula bahwa berfikir out of box sudah menjadi hal yang biasa.
  6. Siapa tidak kenal Andre Herata?…Tulisannya begitu luar biasa dan mengispirasi banyak  orang bahkan difilmkan. Sebenarnya ia menceritakan masa kecilnya, sesuatu yang biasa saja. Namun Andre Herata mampu mengungkap dan menggali serta mengubah  hal-hal yang biasa menjadi luar biasa. Setiap detik yang kita lalui jika kita mampu menggalinya bisa menjadi hal yang luar biasa

Setelah satu tahun lebih, saya menulis tentang pajak di dedensaefudin.com kemudian berubah menjadi dedensaefudin.net. banyak sekali hal-hal yang bisa dikembangkan untuk ditulis, namun karena masih belajar menulis, seringkali banyak tulisan yang ngawur, terkadang hanya copy paste peraturan, terkadang hanya menulis satu paragrap.

Menulis bukan karena mengetahui suatu aturan, menulis bisa menjadi sarana untuk memaksakan diri membaca aturan. Membaca aturan adalah hal yang membosankan. Jadi daripada membaca saya tulis saja. Yang penting bisa menulis dan mudah-mudahan ada manfaatnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: