Sudah Punya NPWP, So What Gitu Loh…


Ada yang menganggap kewajiban perpajakan dimulai sejak memiliki NPWP, pendapat ini terasa benar dalam administrasi perpajakan karena sulit bagi Wajib Pajak untuk melakukan pemenuhan hak dan kewajiban perpajakan jika tidak memiliki NPWP. Jika kita melihat aturan perpajakan baik dalam UU PPh, PPN, maupun KUP tidak ada satupun yang mengatakan bahwa kewajiban perpajakan dimulai sejak memilki NPWP bahkan dalam pasal 12 ayat 1 UU KUP disebutkan bahwa setiap WP wajib membayar pajak terutang sesuai dengan ketentuan peraturan perpajakan dengan tidak menggantungkan pada adanya surat ketetapan pajak.

Dalam UU KUP Pasal 2 ayat 4a bahwa: “kewajiban perpajakan bagi WP yang diterbitkan NPWP dan/atau yang dikukuhkan sebagai PKP SECARA JABATAN sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dimulai sejak WP memenuhi persyaratan subjektif dan objektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan, paling lama 5 (lima) tahun sebelum diterbitkannya NPWP dan/atau dikukuhkannya sebagai PKP.

UU KUP pasal 2 ayat 4a merupakan pasal baru dalam UU KUP perubahan terakhir (UU No. 28 tahun 2007). Pasal ini merupakan bukti bahwa pemenuhan kewajiban perpajakan dimulia sejak adanya kewajiban subjektif dan objektif bukan sejak seseorang memiliki NPWP.
Pasal 2 ayat 4a lebih memberikan kepastian hukum karena kewajiban perpajakan dimulai paling lama 5 tahun sejak diterbitkannya NPWP dan NPPKP. Contoh WP yang diterbitkan NPWP pada tahun 2009 maka pemenuhan kewajiban perpajakannya dimulai paling lama 5 tahun sebelum diterbitkan NPWP (2008, 2007, 2006, 2005, 2004)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: