Memahami Pajak dari Waktu ke Waktu


Pajak diatur dalam UU dan peraturan pelaksanaanya. UU terdiri dari pembukaan dan batang tubuh yang terdiri dari banyak pasal dan penjelasan. Membaca peraturan pajak bukan hal yang menyenangkan tetapi suka tidak suka jika ingin belajar pajak harus membaca pasal-pasal tersebut. Siapa yang suka membaca pasal demi pasal, salah satunya adalah orang-orang yang bergelut dalam bidang hukum. Untuk menguasai pajak, kita harus memahami hukum. Biasanya orang yang belajar pajak, akan belajar hukum pajak.

Sebenarnya, dalam menghitung pajak, terutama pajak penghasilan tidak diatur tentang cara membuat neraca dan  laporan laba rugi secara rinci, meskipun pada UU KUP pasal 28 mengharuskan WP menyelenggarakan pembukuan, pembukuan seperti apa tidak dijelaskan. Praktiknya sangat sulit bagi orang yang tidak mempunyai pengetahuan akuntansi untuk membuat pembukuan.  Kesimpulannya, untuk memahami pajak, orang harus mengetahui akuntansi.

So, untuk menguasai ilmu pajak harus mengetahui hukum (minimal UU Pajak) dan akuntasi (minimal pengantar akuntansi). Ternyata dunia berputar cepat, Ahli hukum pajak dan akuntan akan tidak berdaya menghitung dan melapor pajak pada saat ini jika tidak mengerti e-SPT (pelaporan dengan media seperti flashdisc) bahkan e-filling (pelaporan via internet).

Okelah kalo begitu. mungkin sudah kesimpulan akhir, bahwa untuk menguasai pajak harus menguasai hukum, akuntansi dan komputer. Saya berfikir tidak akan ada kesimpulan akhir, dunia begerak begitu cepat. Generasi yang akan datang mungkin tidak perlu mengetahui aturan pajak dan akuntansi. Semuanya dibuat by system. Luar Biasa….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: