Kepatuhan


Kita akan segera mencari definisi, pengertian, atau yang sejenisnya dengan mengacu ke sebuah kitab yang bernama Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Tidak, saya katakan tidak perlu, kita tidak perlu tergopoh-gopoh mencari KBBI, atau berselancar dan bertanya ke Mbah Google.  kita ingin membicarakan sesuatu yang sederhana.

Sederhana, ya, KISS: Keep It Simple Stupid. begitu sederhananya, sehingga anak SD pun memahaminya, Are You Smart Than 5th Grade. Oh.tidak, tidak…saya tidak akan mengecilkan kemampuan anak SD. karena jika diuji kemampuan dan ikut kuis mengadu kemampuan pengetahuan dengan anak SD pun mungkin saya akan kalah. Hah..begitu bodohnya diriku. hammer.

Kita membicarakan kepatuhan dari apa yang saya dengar di lapangan. Kurang lebihnya adalah hubungan antara penyebut dan pembilang. ya, hubungan antara jumlah SPT yang dilaporkan dengan jumlah WP.

Ok, sederhana bukan. Kepatuhan adalah perbandingan  jumlah SPT yang dilaporkan dengan jumlah WP. Ini bukan defnisi, bukan pengertian, bukan pula hal-hal ilmiah lainnya. Ini adalah pengertian umum di lapangan. So, please..jangan tanya literaturnya, jangan tanya pendapat ilmuwan mana.

Begitu sederhana, tetapi sering membuat fikus sakit kepala karena hasil pembagian itu tidak seperti dari harapan. Mengapa kepatuhan di KPP saya rendah, Kami gembira jumlah WP meningkat pesat tetapi kami sedih jumlah WP yang lapor sedikit sekali. Di lain pihak ada KPP kebanjiran WP yang lapor tetapi mengeluh karena jumlah PPh kurang bayarnya sedikit.

Kembali ke laptop. topik penyebut, jumlah SPT yang dilaporkan. Disini kita persempit menjadi jumlah SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dan SPT Tahunan PPh Badan. Dengan demikiaan, SPT Masa tidak ada yang masuk dimari (bahasa yang pernah saya dengar di sebuah acara serial komedi TV). OK.

Topik kedua, pembilang, Jumlah WP. Ini yang menjadi persoalan yang runyam. Pengertian jumlah WP ini opo tho kisanak?.

1. Jumlah WP terdaftar. kata-kata ini sepertinya sudah jelas. Tidak!!, sama sekali tidak. Anda akan masuk ke subuah kegamanagan. jumlah WP terdaftar ini versi mana?. SIP atau  SIDJP. Kita persempit lagi dan sepakat saja, kita menggungakan SIDJP. Kita akan bertanya lagi, perlukah kita cek lagi, WP terdatar pada SIDJP ini??…Anda akan berada dalam ruang kebingungan. begitu mengecek daftar WP terdaftar pada SIDJP ini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: