wp resiko rendah


Kita membicarakan WP resiko rendah yang berhubungan dengan adanya fasilitas bagi PKP tertentu yang bisa mengajukan restitusi setiap masa pajak. Seperti yang kita ketahui bersama, dalam UU PPN yang baru (UU no. 42 tahun 2009) mengatur bahwa PKP hanya bisa mengajukan restitusi pada akhir tahun pajak.

Mengingat terdapat PKP tertentu yang secara sistem pasti lebih bayar, maka kepada PKP tersebut dapat mengajukan restitusi pada setiap masa pajak. Kita bisa mengatakan bahwa atas PKP tersebut pasti lebih bayar karena hal berikut:
1. PPN nol persen. Dengan PPN nol persen maka seluruh pajak masukannya (yang bisa dikreditkan) dapat direstitusi karena tidak ada pajak keluarannya. PPN nol persen dikenakan kepada para eksportir.
2. PPN tidak dipungut. Dengan PPN tidak dipungut maka tidak ada pajak keluaran sehingga pajak masukannya dapat diminta kembali.
3. PPN dipungut Pemungut PPN. Normalnya PPN dipungut oleh penjual, tetapi jika pembelinya menjadi Pemungut PPN seperti bendahara pemerintah maka PPN dipungut oleh bendahara sehingga PKP membayar PPN 2 kali. Pertama, ketika membeli, ia dipungut oleh penjual dan keduan ketika menjual dipungut oleh Bendahara.

Tidak semua 3 hal tersebut (eksportir, PPN tidak dipungut, dan penyerahan ke Pemungut PPN) dapat secara otomatis bisa restitusi pada setiap masa pajak melainkan harus memenuhi kategori WP resiko rendah. Untuk menjadi kategori WP resiko rendah, ia harus termasuk dalam salah satu kategori berikut:
1. Perusahaan terbuka yang 40% saham disetornysa diperdagangkan di bursa efek -ndonesia
2. BUMN/D yang saham mayoritasnya dimiliki secara langsung oleh pemerintah pusat/daerah
3. Produsen yang 75% dari BKP yang dijualnya merupakan produksi sendiri, tepat waktu dalam menyampaikan SPT Masa PPN dalam 12 bulan terakhir, laporan keuangannya diaudit akuntan publik dengan mendapat pendapat WTP atau WDP

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di 71/PMK.03/2010


One response to “wp resiko rendah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: