pajak untuk usaha mikro


Pengusaha kecil, pedagang kami lima, pedagang asongan pedagang musiman dan pengusaha kecil lainnya merupakan para pejuang tangguh. Dengan modal seadanya mampu berjuang melawan kerasnya persaingan hidup.

Persaingan?…mungkin bukan persingan tetapi sebuah perjalanan mencari jati diri. Mungkin terlalu filosofis, tapi ini saya dengar dari orang yang bergelut di dunia usaha mikro. Orang sunda bilang “Tos kapendak”, “geus kapanggih” yang artinya sudah ketemu.

Usaha pak anu telah berkembang pesat setelah dia ketemu jalannya. Warung makan si pulan rame terus setelah ia menemukan resep terbaiknya. Demikianlah mereka tidak bersaing, mereka hanya berjalan mencari dirinya dalam kehidupan ini.

Luar biasa. Sekarang bukanlah era competition melainka era cooperation. Dari luar, orang mengira mereka berkompetisi dan kwatir terjadi clash padahal yang ada di dalam lingkaran sedang bersenang-senang mencari diri sendiri.

Lalu apakah usaha mikro ini tidak mengalami kesulitan dan hambatan dalam mengambangkan usahanya. Tentu saja banyak masalah yang menghadang. Hambatan usaha mikro bukanlah masalah kompetisi melainkan masalah modal, manajemen, perizinan, dsb.

Saya belum tahu apakah pajak merupakan salah satu masalah bagi usaha mikro. Berikut ini beberapa fasilitas bagi usaha mikro:
1. Tarif PPh yang lebih rendah dengan diskon 50% dari tarif normal 28% badi WP badan dengan omset dibawah Rp 4,8 milyar setahun. Ini diatur dalam pasal 31E. UU PPh yang baru (UU no. 36 tahun 2008)
2. Berhak untuk tidak menyelenggarakan pembukuan tetapi harus membuat pencatatan (UU PPh pasal 14)
3. Berhak untuk tidak memungut PPN untuk yang omsetnya dibawah Rp 600 juta per tahun
4. Mendapat fasilitas restitusi pendahuluan bagi pengusaha dengan omset tertentu dan jumlah lebih bayar tertentu dengan syarat pengusaha tersebut menyelenggarakan pembukuan
5. Tidak wajib lapor SPT Tahunan bagi WP OP yang penghasilannya dibawah PTKP


One response to “pajak untuk usaha mikro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: