bebas pph impor


Beberapa orang menyebutnya pajak impor. Sesungguhnya yang disebut pajak impor ada 2 jenis yaitu PPN impor dan PPh Pasal 22 impor. Disini kita hanya membahas PPh Pasal 22 impor.

Tarif PPh Pasal 22 impor ada 2 jenis, pertama 2.5% untuk yang memiliki Angka Pengenal Impor (API) dan 7,5% untuk yang tidak memiliki API. Perbedaan tarif ini membuat pihak yang akan mengimpor barang yang tidak memiliki API sering meminjam importir yang memiliki API.

PPh Pasal 22 impor merupakan satu dari beberapa jenis withholding tax yang dapat dikreditkan. Mengingat akan menjadi kredit pajak, idealnya PPh pasal 22 impor sama atau kurang dari PPh terutang pada akhir tahun mengingat jika lebih bayar harus dilakukan pemeriksaan dan PPh lebih bayar juga merugikan WP karena masalah cashflow.

Salah satu cara agar PPh pasal 22 impor tidak lebih bayar, WP dapat mengajukan permohonan pembebasan PPh pasal 22 impor. Aturan lengkap tentang pembebasan PPh pasal 22 impor dapat dilihat di Per Dirjen Pajak no. KEP-192/PJ/2002. Aturan ini masih bersifat umum karena hanya mengatur pembebasan withholding tax. Sedangkan penjelasan PPh pasal 22 impor ada di S-615/PJ.313/2006.

Untuk bisa bebas PPh pasal 22 impor, WP harus dalam kondisi berikut:
1. WP mempunyai kompensasi kerugian
2. Pada tahun berjalan WP mengalami rugi fiskal
3. PPh yang dipotong lebih besar dari PPh terutang

Selain memenuhi syarat diatas, perlu juga diperhatikan asfek administrasi lainnya. Berdasar pengalaman, untuk mengajukan permohonan Surat Keterangan Bebas (SKB) PPh Pasal 22 impor, WP juga melampirkan dokumen berikut:
W
1. Perkiraan penghasilan neto pada tahun berjalan
2. SPT Tahunan tahun sebelumnya
3. Akta pendirian dan perubahannya
4. Rekening koran s.d. Saat pengajuan
5. Rencana pembelian barang bail dalam satuan Rp, berat/kapasitas, dan kode barangnya.

Hal tersebut diperlukan mengingat fiskus memerlukan data tersebut untuk keperluan penelitian, meskipun terkadang perbedaan penafsiran tentang apa saja yang diperlukan untuk membuat laporan penelitian.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: