Kartel Akar Rumput


Ayah saya menyewa lahan milik kakak iparnya disamping rumah dan menjadikannya sebagai usaha penitipan motor. Harga parkir per 24 jamnya Rp 2 ribu.

Tidak dikehui bagaimana perhitungan harga parkir tersebut. Yang pastinya, beliau tidak menghitungnya dengan hitungan yang njelimet. Beliau menetapkan harga penitipan tersebut hanya berdasar harga yang telah ada pada beberap tempat penitipan motor lainnya. Bisa kita sebut sebagai harga pasar pada saat itu.

Ketika waktu berjalan, tentu saja banyak pengusaha penitipan motor menginginkan kenaikan profit. Namun meningkatkan profit bukan hal mudah karena space telah ada pada kapasitas penuh dan meningkatkan harga parkir pun beresiko karena kuatir kehilangan pelanggan.

Beberapa hari lalu, ayah saya menerima surat dari paguyuban pengusaha penitipan motor agar harga parkir dinaikan dari
Rp 2 rb menjadi Rp 3 rb. Saya mengira beliau akan senang dengan surat ini karena pastinya, ia pun menginginkan tambahan profit. Ternyata tidak, ia masih bertahan dengan harga Rp 2 rb, alasannya kuatir kehilangan pelanggan. Tidak diketahui, apa dampaknya jika beliau mengabaikan himbauan surat tersebut.

Intervensi siapapun dalam menentukan harga seolah-olah ingin memakmurkan, padahal tindakan ini melawan hukum alam yang disebut mekanisme pasar. Pasar memang kejam tetapi fakta menyatakan, dengan beberapa kekurangannya, pasar bebas telah berhasil memakmurkan negara kapitalis. Secara ekonomi, sekarang ini hampir tidak ada ladi ekonomi sosialis.

Kembali ke laptop. Apakah harga penitipan motor akan bertahan di harga Rp 2 rb, pasarlah yang menentukan. Keinginan paguyuban penitipan motor untuk menaikan harga sangat wajar, tetapi kita juga tidak boleh melupkan custumer yang menginginkan harga murah dan fasilitas tambahan.

Dengan demikian, biarlah hukum pasar yang menentukan sehingga pengusaha penitipan motor dan orang yang menitipkan motor sama-sama untung.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: