pemungut pph pasal 22


Aturan tentang siapa yang menjadi pemungut pph pasal 22 telah beberapa kali mengalami perubahan. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di PMK.

Berikut ini pemungut pph pasal 22 yang saya ingat (jadi bukan rujukan, loh hanya sekedar ingat):
1. DJBC. Lembaga ini telah memungut dari sejak dulu kala untuk transaksi impor
2. Bendahara pemerintah. Bendahara ini pun telah menjadi pemungut pph pasal 22 sejak zaman kuda gigit besi dimana bendahara akan memungut pph pasal 22 ketika membeli barang (bukan jasa) dari rekanannya.
3. Produsen dan importir migas. Importir migas baru menjadi Pemungut pph pasal 22 sejak tahun 2008 an. Mereka harus memungut pph pasal 22 atas penjualan BBM, pelumas.
4. Industri dan Eksportir hasil perikanan, kehutanan, pertanian atas pembelian dari pedagang pengumpul. Ketentuan ini berlaku sekitar tahun 2003.
5. Produsen baja, otomotif, kertas dan semen atas penjualan hasil produksinya. Sebelumnya produsen rokok harus memungut PPh pasal 22 tetapi dihilangkan sekitar tahun 2009.

Kita dapat mengklasifikasikan pemungut PPh pasal 22 menjadi:
1. Dengan SK penunjukan (industri/eksportir hasil perikanan, pertanian, kehutanan, perkebunan dan produsen baja, otomotif, kertas, semen) dan tanpa SK penunjukan (DJBC, bendahara, produsen dan importir migas dan pelumas)
2. Atas penjualan (produsen dan impotir migas/pelumas, produsen baja, rokok, otomotif, kertas) dan atas pembelian (industri/ekspotir hasil perikanan, kehutanan, perkebunan, pertanian dan bendahara)
3. SSP atas nama pemungut PPh pasal 22 (produsen/importir migas dan pelumas, produsen baja, rokok, otomotif, kertas, industri/eksportir hasil perikanan, kehutanan, pertanian dan perkebunan) dan atas nama lawan transaksi (bendahara, DJBC)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: