subsidi dan tax


Kalo ga salah Ronald Reagan, mantan presiden USA pernah bilang, kalo ekonomi lesu berikanlah subsidi, kalo ekonomi sedang naik, kenakan pajak. Saat ini saya sedang naik bus, penumpangnya sepi, entahlah saya tidak tahu, apakah perusahaan bus ini sedang untung atau rugi. Menyimak dari ucapan Reagan tadi, sudah selayaknya bus ini mendapat subsidi. Dengan subsidi perusahaan bus dapat meremajakan busnya dan membuat nyaman para penumpang dan menarik orang yang membawa kendaraan pribadi untuk beralih ke angkutan massal.

Jer basuki gowo bea. Subsidi yang diberikan pemerintah- dalam jangka pendek akan mengurangi penerimaan negara bahkan menambah pos pengeluaran. Ini adalah sebuah cost, bea. Tapi dalam jangka panjang bisa memakmurkan rakyat sehingga menaikkan pendapatan rakyat dan otomatis akan mengerek PPh.

Pajak bukanlah instrumen yang berfungsi tunggal yaitu sebagai instrumen untuk menarik kekayaan private untuk kepentingan negara. Pajak juga sudah terbukti efektif sebagai instrumen pengatur dalam ekonomi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: