Tax Ratio


Saya mencoba googling dengan keyword “tax ratio”, maksudnya ingin mengetahui definisi atau pengertian tax ratio namun tidak mendapat hasil yang meyakinkan. Aneh?…apakah istilah tax ratio hanya ada di Indonesia?, entahlah.

Beberapa pengertian tax ratio yang pernah saya baca adalah perbandingan antara penerimaan pajak dengan GDP

Saya mendapatkan tulisan tentang tax ratio yang ditulis oleh Gunawan Setiaji di http://www.fiskal.depkeu.go.id/webbkf/kajian%5CRuwetnya%20Urusan%20Tax%20Ratio.pdf.

Tulisan lain tentang tax ratio saya temukan di http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_countries_by_tax_revenue_as_percentage_of_GDP.

Yang membuat terkejut, adal negara yang tax rationya sangat tinggi (bahkan luar biasa tinggi) tetapi belum termasuk negara maju, yaitu:

Timor leste dengan tax ratio 109,7 %

Karibati dengan tax ratio 91,6%

Beberapa negara maju memiliki negara maju yang saya catat, adalah USA: 28, 2, UK: 39, Swiss: 30,1, Swedia: 49,7.

Hal menarik lain adalah bahwa tidak semua negara kaya mempunyai tax ratio yang tinggi, seperti Arab Saudi: 5,3%.

Leave a Reply

